Jaga Asset, Cegah Kehancuran

Berbicara tentang asuransi kita sering melupakan asuransi kerugian. Kita mempersiapkan kemungkinan terjadinya musibah sakit dengan asuransi kesehatan. Mengantisipasi musibah terburuk dalam kehidupan dengan asuransi jiwa, bahkan untuk masa depan telah diperhitungkan asuransi pendidikan dan pensiun. Namun bagaimana dengan perlindungan fisiknya?

Asuransi kerugian bagi seorang karyawan menjadi penting karena kekayaan yang telah dengan susah payah dikumpulkan dengan pengorbanan waktu dan tenaga tiap hari bekerja di tempat pekerjaan jangan sampai hilang begitu saja tanpa bekas.

Apalagi bila kita berbicara tentang wirausaha, perlindungan akan aset ini sangat penting karena di samping sebagai kekayaan pribadi, aset ini juga berfungsi sebagai modal untuk menjalankan usaha. Bila modal ini hilang, maka akan terhambatlah usaha.

Asuransi kerugian memiliki banyak macamnya, salah satunya adalah asuransi kerugian untuk bangunan atau gedung. Saat ini kita akan berbicara mengenai asuransi rumah toko (ruko). Sebagai salah satu bagian dari asuransi kerugian, tentunya asuransi ruko ini berfungsi memindahkan risiko terjelek yang bisa terjadi kepada ruko kepada pihak asuransi.

Hal ini bukan berarti mereka mengganti ruko kita. Namun bila ruko kita mengalami musibah, semua hal untuk mengembalikan dan biaya yang dikeluarkan untuk mengembalikan lagi ruko tersebut telah ditalangi oleh pihak ketiga tadi. Jadi walaupun terjadi musibah, usaha tetap bisa jalan dan kegiatan ekonomi bisa tetap dilakukan.

Asuransi Raksa Shopowners

Salah satu perusahaan yang khusus menawarkan produk ini adalah asuransi Raksa Pratikara. Perusahaan yang lahir pada 1975 dengan nama asuransi Artapada ini merupakan salah satu perusahaan dengan produk asuransi kerugian lengkap mulai dari kendaraan sampai alat berat.

Asuransi Raksa Shopowners dibuat untuk mereka yang memiliki ruko baik itu berupa ruko yang terletak terpisah maupun berupa kios yang terletak di dalam salah satu mal. Harus diperhatikan pada para calon nasabah, perusahaan ini mensyaratkan ruko yang menurut mereka layak untuk ditalangi adalah ruko yang memiliki jalan di depan dengan lebar minimal 6 meter atau bisa dilalui tiga mobil secara beriringan dan memiliki bangunan kelas satu yaitu tidak memiliki struktur yang terbuat dari kayu.

Untuk objek yang ditanggung, pemilik polis tidak hanya bisa meminta perlindungan atas bangunan, kalau perlu juga bisa meminta pertanggungan atas barang yang tersimpan di dalamnya baik itu berupa peralatan maupun perabotan, bahkan bila dibuat untuk usaha bisa pula berupa stok bahan dagangan. Tentunya dengan kesepakan pada awal terlebih dahulu besaran nilai yang siap ditanggung oleh pihak asuransi.

Reksa ShopOwners
Kelebihan
Raksa Shopowner Terdapat perlindungan bila terjadi huru-hara
Jasindo Karisma Terdapat tambahan manfaat berupa bantuan pengacara
Kekurangan
Raksa Shopowner Ruko yang menjadi persyaratan cukup spesifik yaitu harus memiliki jalan depan ruko cukup lebar, sehingga hanya ruko tertentu dan sesuai saja yang bisa dicover
Jasindo Karisma Tidak menjamin kerugian yang terjadi karena huru-hara

Jadi, bila telah disepakati besaran nilai persediaan yang siap untuk dipertanggungkan, sebaiknya pemiliki ruko tidak menyimpan melebihi nilai yang disepakati karena angka ini yang menjadi dasar pemberian pertanggungan.

Dikeluarkan dalam empat jenis paket, Shopowners ini memberikan kebebasan kepada nasabah untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan dalam menentukan pilihan. Mulai dari paket A yang paling sedikit pertanggungan yang diberikan; yang berarti kecil pula premi yang harus dibayarkan, sampai dengan paket D yang menjadi paket lengkap.

Secara umum jaminan yang diberikan berupa perlindungan kebakaran (termasuk karena petir, ledakan dan kejatuhan pesawat), huru-hara (kerusuhan dan sebagainya), banjir (angin topan dan badai) dan jaminan manfaat tambahan (beberapa tambahan manfaat seperti risiko pada pihak ketiga, penggantian uang sewa dan lain-lain) yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Jadi bisa dibilang semua risiko yang mungkin terjadi bisa dijaminkan, bahkan untuk membersihkan puingpun bisa kita klaim tentunya bila klausa ini masuk dalam jaminan di polis.

Jasindo Karisma

Satu lagi produk yang hampir serupa walaupun tidak secara spesifik menyebutkan produk yang khusus untuk ruko adalah Jasindo Karisma. Produk keluaran asuransi jelmaan dari asuransi asing yang telah dinasionalisasi ini merupakan produk unggulan mereka.

Seperti juga produk perlindungan atas kerugian lainnya yang memberikan perlindungan atas bangunan, produk Karisma ini juga memberikan beberapa paket pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk ruko minimal Karisma memberikan lima pilihan paket alternatif yang bisa kita pilih untuk melindungi aset yang kita miliki.Kita bisa menentukan apa yang kita inginkan berdasarkan pilihan yang mereka berikan.

Hanya saja ada satu hal yang sepertinya tidak mereka jamin untuk ruko yaitu perlindungan atas terjadinya huru-hara. Mungkin hal ini harus menjadi perhatian bagi calon nasabah. Apabila memang risiko ini dibutuhkan, artinya nasabah merasa risiko ini bisa juga terjadi di lingkungan lokasi rukonya berada, maka tidak ada salahnya bila klausa ini ditinjau ulang untuk dimintakan kepada pihak asuransi.

Beberapa manfaat tambahan yang mungkin jarang ditemui di tempat lain adalah bantuan pengacara yang menjadi paket pokok di produk mereka. Tidak dapat dimungkiri bahwa makin tingginya nilai suatu aset makin berisiko pula aset tersebut termasuk dalam hal hukum.

Seperti umumnya produk asuransi kerugian lainnya,besaran premi Karisma pasti ditentukan oleh besaran pertanggungan yang ingin diambil atau dibutuhkan oleh pihak calon nasabah. Jadi pastikan nilainya wajar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Eko Endarto
Perencana Keuangan
Biro Perencanaan Keuangan
Safir Senduk dan Rekan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s