10 Cara Seorang Akuntan Dapat Membantu Pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UMKM)

Apabila anda melihat perusahaan besar yang mentereng di Jakarta seperti Sinar Mas Group, mereka memiliki tim akuntan internal yang memiliki pengetahuan & pengalaman yang sudah mapan dalam bidang akuntansi, pajak dan keuangan. Para akuntan ini bekerja setiap hari dengan tujuan untuk memastikan bahwa kewajiban pajak perusahaan sudah dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, melakukan evaluasi terhadap biaya operasional supaya tetap dalam posisi yang efisien dan efektif, mengkaji potensi-potensi keuntungan yang dapat meningkatkan profit perusahaan di masa yang akan datang.
Peranan akuntan yang demikian penting tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar, tetapi juga sangat dibutuhkan oleh perusahan kecil seperti pelaku UMKM.
Berikut ini saya uraikan mengapa akuntan yang cakap dapat membantu usaha kecil dan menengah:

1. Akuntan akan dapat memberikan saran yang tepat kepada Anda sejak memulai usaha. Karena seorang akuntan yang cakap tidak hanya dapat membantu Anda dalam menyusun perencanaan pajak dan keuangan, tetapi yang lebih penting juga adalah akuntan dapat memberikan saran kepada Anda bagaimana membuat struktur usaha yang Anda jalankan supaya bisa mendukung ambisi Anda menjadi pengusaha sukses.

2. Seorang akuntan dapat memberikan saran kepada Anda mengenai bentuk badan hukun yang cocok terhadap usaha yang akan Anda jalankan, apakah badan hukum seperti Firma (Fa), Perseroan Komanditer (CV), Perseroan Terbatas (PT) atau bahkan Koperasi, dll.

3. Untuk pelaku UKM, proyeksi arus kas sifatnya sangat penting. Karena apabila salah dalam melakukan estimasi akan membawa dampak terhadap kelacaran usaha di masa yang akan datang.

4. Pada umumnya akuntan mempunyai pengalaman bekerja dengan berbagai macam industry, sehingga para akuntan tersebut dapat memberikan saran kepada Anda mengenai prospek usaha yang menguntungkan di masa yang akan datang. Disamping itu juga dengan memanfaatkan jaringan yang dimilikinya Anda bisa menjadikan mereka sebagai target market.

5. Pada saat merintis usaha Anda dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan, mulai dari masalah yang ringan sampai dengan masalah yang sangat rumit. Disini akuntan dapat berperan sebagai pendamping Anda untuk mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

6. Saat ini banyak tersedia aplikasi akuntansi di pasaran, Anda pasti bingung mau memilih yang mana. Akuntan dapat memberikan saran kepada Anda untuk memilih aplikasi yang dapat membantu kelancaran usaha Anda serta mereka dapat memberikan tutorial kepada Anda sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan secara maksimal.

7. Seiring dengan berjalannya waktu, usaha Anda akan berkembang sehingga Anda tidak memiliki waktu untuk mengurusi diluar core bisnis Anda. Misalnya urusan payroll, urusahan pajak dsb. Bagian ini bisa Anda serahkan kepada akuntan Anda untuk diurus dengan baik.

8. Mengingat orang sangat respek terhadap profesi akuntan, bukan tidak mungkin mereka memiliki jaringan atau kenalan yang banyak di organisasi dunia usaha, misalnya Anda bisa dihubungkan dengan pemilik yang surplus dana, sehingga usaha Anda dapat dibiayai dari jaringan akuntan tersebut.

9. Sebagai akuntan, mereka pasti melakukan update secara terus menerus mengenai peraturan perpajakan, sehingga dengan memiliki akuntan, Anda akan dapat menyesuaikan transaksi bisnis Anda sesuai dengan peraturan pajak yang terbaru.

10. Akhirnya, pengusaha yang baik adalah pengusaha yang selalu patuh terhadap regulasi yang ada. Anda dan akuntan dapat duduk bersama-sama untuk membicarakan mengenai permasalahan hukum yang potensial dapat menggangu usaha Anda.

Mudah-mudahan dapat memberikan masukan kepada Anda yang ingin mencari akuntan profesional, hubungi kami di 087881791990 atau email suburh@yahoo.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s